Tuesday, July 20, 2010

Empat Karakter Manusia

Menjadi marketing bukanlah hal yang mudah, banyak strategy yang harus di gunakan sebagai senjata untuk berkompetisi dengan kompetitor yang ada, walaupun pada kenyataannya pekerjaan marketing adalah pekerjaan yang masih di pandang sebelah mata oleh kebanyakan orang Indonesia.

Untuk menjadi seorang marketing yang produktif, kita di tuntut untuk mengetahui cara-cara sukses untuk menutup sebuah penjualan, dan cara-cara sukses dapat di lakukan sangat banyak. 
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi dengan anda cara-cara sukses mendekati calon klien kita dengan mengetahui karakter calon klien kita, sehingga kita dengan mudah dapat melakukan pendekatn-pendekatan yang akan membantu terjadinya penjualan. 

Dengan mengetahui karakter-karakter calon klien kita, kita dapat bertindak atau mengantisipasi tindakan-tindakan yang mempunyai potensi merusak hubungan baik yang akan kita jalin. Ingat, kita menemui orang bukan untuk menjual produk, tapi untuk menjalin sebuah hubungan atau relathionship. Itu yang harus kita tekankan kedalam diri kita sebagai marketing. Karena begitu hubungan baik sudah terjalin, maka dengan sendirinya penjualan demi penjualan akan mudah kita lakukan.

Berikut macam-macam karakter manusia yang bisa kita jadikan acuan supaya kita lebih mudah memahami calon klien kita sehingga kita akan mudah menjalin sebuah hubungan bisnis. Dalam hal ini, kita di tuntut untuk menjadi seorang bunglon atau orang yang pandai berpura-pura mengikuti karakter calon klien kita.
 
Pertama sangunis, si populer

Kepribadian yang menarik, punya rasa humor yang tinggi, suka menghidupkan suasana, emosional dan demonstratif, periang dan penuh semangat, serta penug rasa ingin tahu. Dalam pekerjaan, kreatif, inovatif, antusiasme, sukarelawan, mengilhami orang lain untuk bekerja. Sebagai seorang teman, mudah bergaul, mencintai orang lain, suka dipuji dan menyenangkan. Suka kegiatan spontan, merupakan figure seorang pemimpin sirkus.

Kedua melankolis, si sempurna

Filosofis dan puitis, serius dan tekun, analitis, mendalam dan penuh pikiran, menghargai keindahan, peka terhadap perasaan orang lain, idealis dan suka berkorban. Dalam pekerjaan, orang melankolis berorientasi pada jadwal, perfeksionis, punya standar yang tinggi dan rinci, tertib dan terorganisir, perlu menyelesaikan apa yang dimulai. Sebagai seorang teman, melankolis adalah orang yang setia, mau mendengar keluhan, hati-hati dalam berteman, sangat memperhatikan orang lain, terharu oleh air mata penuh belas kasihan. mencari teman hidup ideal.

Ketiga koleris, si kuat

Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, memancarkan keyakinan, bebas dan mandiri. Dalam pekerjaan, berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat untuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan pada hasil, berkembang karena saingan. Orang koleris tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisasi, Biasanya selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat.

Keempat phlegmatis, si damai aka adem ayem

Rendah hati, mudah bergaul dan santai, tenang, sabar, konsisten, simpatik dan baik hati. menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan. Dalam pekerjaan, punya kemampuan administratif, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, menemukan cara yang mudah, mudah diajak bergaul, menyenangkan, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.

Dari sifat di atas, dapat diringkas

Sanguinis Populer ( Ekstrovert – Membicara – Optimis )

Melankolis Sempurna ( Introvert – Pemikir – Pesimis )

Koleris Kuat ( Ekstrovert – Pelaku – Optimis )

Phlegmatis Damai ( Introvert – Pengamat - Pesimis )
 
Semoga bermanfat...

Ditulis Oleh : AdminAdi Wingky

Anda baru membaca artikel yang berjudul Empat Karakter Manusia, Semoga artikel tersebut mendatangkan manfaat. Apabila Anda menemukan brokenlink pada artikel kami, kami sangat berterima kasih jika Anda memberitahukannya kepada kami. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih ! ::

Facebook Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More